Minggu, 08 September 2019

Dua Santri Assa’adah Juara II Dan III MQK Yang Diadakan MUI Kota Depok

Dua Santri Assa’adah Juara I Dan II MQK Yang Diadakan MUI Kota Depok


Festival tahunan yang diadakan oleh MUI kota Depok, Sabtu, 7 September 2019 lalu menggelar tiga jenis mata lomba yang diantaranya adalah MQK (Musabaqah Qiraatil Kutub). MQK, berdasarkan data dari panitia, diikuti oleh 70 lebih peserta dari beberapa pesantren di seluruh Depok. Dari 70 lebih pesereta itu, ditetapkan 4 orang sebagai finalis. Alhamdulillah dua diantaranya diraih oleh dua santri Assa’adah. Kedua nya adalah Husna Sakinah sebagai juara 2 dengan total nilai 390 dan Ahmad Hazami sebagai juara 3 dengan total nilai 380. Keduanya adalah santri kelas XI Madrasah Aliyah.

Pertarungan memberebutkan juara dalam final, yang disaksikan oleh seluruh peserta lomba lainnya, berlangsung ketat. Pertanyaan-pertanyaan Dewan juri yang terlihat “sadis” dijawab dengan santai dan bersahutan. Apalagi kedua finalis lainnya yang keluar sebagai juara 1 dan juara harapan satu, juga bukan lawan yang mudah karena masing-masing finalis adalah peserta gemblengan dibidang kitab yang menjadi perwakilan dari masing-masing pesantren.

Poin penilaian yang menjadi ukuran dewan Juri adalah Nahwu, Shorof serta penguasaan makna tekstual dan kontekstual. Dalam penilaian ini peserta dituntut  untuk mengerti tarkib-tarkib bacaan beserta dalil-dalilnya, menguasai penguasaan lafadz dari segi sighat, bina dan tashrifnya serta memahami makna dan pengembangan teks serta kontekstualisasinya di zaman kekinian. Banyak pertanyaan-pertanyaan Dewan juri yang bersifat menjebak bisa dijawab dengan mudah. Materi yang menjadi bahan maqro (materi MQK) adalah kitab Syarh Fathal Qorib karya Syaikh Ibn Qasim Al Ghazi dari bab Thaharah sampai bab Zakat.

Ustadz Triyono, selaku Kepala Sekolah merasa bangga sekali dengan hasil yang diraih anak-anak didiknya, “Semua Guru sangat bangga kepada mereka, Harapan kami, semoga prestasi ini terus ditingkatkan dan menjadi motivasi untuk yang lain juga”.